Mengungkap Rahasia Talents Mapping Temukan Minat Bakat hingga Personal Branding Diri

Post a Comment
Konten [Tampil]
Siapa yang suka bingung saat diminta memperkenalkan diri? Hampir semua orang yang belum menemukan personal branding dirinya akan merasa gelagapan saat diminta memperkenalkan diri. Apalagi kalau ditanya apa minat dan bakatnya. Pasti akan diam sejenak berpikir apa ya, kemudian menjawab seadanya. Terkadang menjawab dengan hobi.

Menemukan minat bakat diri memang menjadi hal yang penting. Selain semakin tahu apa potensi terkuat dalam diri, juga bisa makin memiliki peta hidup. Khususnya bagi yang ingin membangun personal branding. Bagaimana cara mengetahui minat dan bakat atau potensi diri? Untuk mengetahui minat bakat kita bisa melalui Talents Mapping.

Rasa penasaran akan potensi diri, membuat saya langsung untuk tes talents mapping. Tentunya dengan versi lengkap yang meliputi asesmen Talents Mapping (TM), Asesmen Personal Strength Statement (PSS), dan Strength Typology (ST-30).

Kira-kira bagaimana hasil Talents Mapping saya? Pastinya ikut penasaran kan, kira-kira saya orang seperti apa sih. Sebelum lebih jauh membahas hal tersebut, saya ingin membahas singkat tentang apa itu Talents Mapping dan apa saja manfaatnya.
Tes Talents Mapping

Apa itu Talents Mapping?

Talents Mapping merupakan sebuah pendekatan yang strategis diselenggarakan untuk mengukur kekuatan diri. Talents Mapping sebuah perangkat yang ditemukan oleh Abah Rama Royani yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisa potensi diri dan kekuatan diri. Tidak hanya mengetahui kekuatan, namun juga kekurangan atau kelemahan diri.

Potensi diri yang kita miliki atau hasil pemetaan bakat (Talents Mapping) mengacu pada hasil penemuan bakat hasil tes minat bakat. Tes Talents Mapping sendiri terdiri dari beberapa jenis asesmen, yaitu

1. Asesmen Talents Mapping (TM).

Asesmen Talents Mapping bertujuan untuk menggali bakat atau sifat produktif dari pengambil tes. Selain itu juga bertujuan untuk menginterpretasikan kekuatan yang berhubungan dengan peran melalui bakat dominan. Dalam self-assessment ini, saat mengerjakan tes, kita akan dihadapkan pada 170 pernyataan yang harus kita jawab.

2. Asesmen Personal Strength Statement (PSS).

Asesmen kedua yang harus dilakukan oleh kita sebagai peserta adalah Asesmen Personal Strength Statement. Asesmen ini bertujuan untuk menggali kegiatan produktif dan menjadi gambaran kompetensi dan minat kita terhadap suatu aktivitas.

Pada asesmen yang bersifat self-assessment ini disajikan 114 aktivitas. Aktivitas itu terdiri dari 99 klaster yang berhubungan dengan peran dan 15 klaster yang berhubungan dengan bidang.

3. Strength Typology (ST-30).

Assessment lainnya yang harus kita lengkapi yaitu ST-30 atau Strength Typology. Tools ini terdiri dari 30 tipologi manusia yang berhubungan dengan kekuatan produktif. Selain itu juga menjadi gambaran kompetensi dan minat terhadap peran. Hasil asesmen ST-30 ini hasilnya dapat dijadikan acuan sebagai personal brand atau self-awareness bagi seseorang.

Bagi kalian yang penasaran dan ingin tahu apa potensi diri yang dimiliki, apa bakat kuatnya dan apa kelemahannya, dapat meluangkan waktu untuk mengikuti tes minat bakat dalam Talents Mapping.

Apa itu tes minat bakat?

Talents Mapping
Asesmen minat bakat adalah asesmen yang digunakan untuk memetakan potensi diri. Melalui tes minat bakat akan terpetakan kekuatan diri yang berdasarkan pada keunikan yang seringkali belum atau bahkan tidak kita sadari sebelumnya.

Hasil dari asesmen minat bakat ini dapat membawa kita mengenali potensi diri. Ketika mengenal potensi diri, maka akan semakin mudah dan terarah untuk fokus pada minat sesuai bakat. Hasil asesmen minat bakat sangat bermanfaat baik dalam pendidikan maupun dunia karir.

Dalam pendidikan, hasil asesmen talents mapping minat bakat bisa menjadi dasar dalam menentukan atau memilih jurusan. Sehingga lebih memperkecil salah jurusan. Sedangkan dalam karir, dapat digunakan untuk merencanakan karir yang berkelanjutan. Karir yang lebih matang, dan sesuai dengan kompetensi atau minat bakat yang kita miliki.

Mengikuti asesmen talents mapping atau asesmen minat bakat memiliki banyak manfaat baik bagi diri, maupun perusahaan atau lembaga.

Manfaat tes minat bakat

Talents Mapping Semarang

Sebelum mengikuti tes talents mapping kita pasti bertanya-tanya tentang apa manfaat ikut tes minat bakat? Kenapa harus ikut tes minat bakat? Bagi kalian yang penasaran apa manfaatnya, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan atau didapatkan dari tes talents mapping yaitu

1. Mengenal diri sendiri lebih dalam

Melalui tes minat bakat kita akan lebih mengenal diri sendiri. Bisa mengetahui potensi diri, kekuatan dan kelemahan. Tentunya ini akan sangat bermanfaat dalam mendukung diri dalam berproses baik dalam pendidikan maupun karir ke depan.

2. Membantu menentukan jurusan studi lanjut

Pernah tahu atau pernah mengalami salah jurusan saat kuliah? Walaupun tidak pernah mungkin teman kita pernah. Salah satu penyebabnya karena tidak paham akan potensi diri. Tidak tahu minat dan bakatnya.

Namun dengan tes talents mapping, kalian akan terbantu dalam menentukan jurusan studi lanjut. Ini karena sudah ada hasil tes yang menunjukkan apa bakat dominan yang ada pada diri.

3. Membantu memetakan jalan karir

Bagi yang baru lulus studi lanjutan, dan bingung untuk berkarir. Mengambil tes minat bakat bisa menjadi salah satu solusi. Melalui tes ini akan sangat membantu dalam memetakan jalan karir sesuai dengan bakat dominan yang ada pada diri kita.

4. Membantu memahami cara mengembangkan bakat

Bakat akan berkembang dengan optimal jika kita mengetahui apa sebenarnya bakat kita. Berbeda jika hanya dari asumsi diri bahwa kita memiliki suatu bakat. Untuk memastikan apa bakat kita, maka kita perlu melakukan asesmen. Sehingga kita tahu bakat kita, dan menemukan cara tepat untuk mengembangkan bakat itu sehingga benar-benar menjadi kekuatan diri.

Itulah beberapa manfaat dari asesmen minat bakat yang bisa kita dapatkan saat mengambil tes talents mapping. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan untuk berbagai bidang kehidupan, baik pendidikan maupun karir.

Pengalaman Ikut Tes Talents Mapping

Bagaimana, apakah sudah terjawab rasa penasarannya akan apa itu Talents Mapping? Semoga setelah membaca bahasan di atas rasa penasarannya terjawab? Atau penasaran dengan hasil dari self-assessment yang saya ikuti?

Biar tidak penasaran, akan saya lanjutkan ulasan bagaimana pengalaman saya mengambil tes talents mapping sekaligus sesi konsultasinya.

Tes Talents Mapping Secara Online

LPPT OASE A Plus
Tes talents mapping ini sangat mudah dilakukan, karena bisa dilakukan di mana pun selagi ada dukungan perangkat seperti laptop atau smartphone dan jaringan internet. Ini karena asesmen dilakukan secara online melalui website resmi yang disediakan.

Satu hal yang harus dipastikan adalah bisa mengerjakan asesmen dengan nyaman. Tanpa gangguan khususnya tampilan. Itulah mengapa menggunakan PC atau laptop lebih direkomendasikan.

Saat melakukan tes talents mapping ini kita perlu menyediakan waktu khusus, karena kita harus menjalani self asesmen yang terdiri dari 170 pernyataan, 114 aktivitas, dan 30 tipologi manusia. Sebaiknya sediakan minuman di sebelah kita agar saat asesmen kita tidak perlu meninggalkan tempat untuk sekedar mengambil minum. Sehingga konsentrasi tetap terjaga dengan baik.

Setelah mengerjakan asesmen langkah akhir yang kita lakukan adalah melakukan pengumpulan atau submit. Setelah itu tinggal menunggu hasil asesmen dalam bentuk PDF dokumen yang akan dikirimkan kepada kita.

Minat Bakat hingga Personal Branding Dalam Talents Mapping

OASE Indonesia
Saat mendapatkan Hasil Asesmen Talents Mapping saya langsung membukanya. Membaca secara seksama hasil asesmen dan penjelasannya. Dalam asesmen Talents Mapping terdapat 5 output yaitu

1. Urutan Bakat

Pada urutan bakat ini disajikan informasi tentang bakat dominan dan bakat non dominan pada diri kita. Bakat dominan merupakan bakat yang terus diasah sebagai sebuah kekuatan. Sedangkan bakat non dominan merupakan bakat yang merupakan kelemahan kita. Namun demikian bakat dominan ini tidak boleh dibiarkan atau dihilangkan. Justru bisa dijadikan pendukung produktivitas dalam aktivitas.

Tujuh bakat dominan yang saya miliki berdasarkan hasil asesmen Talents Mapping yaitu Consistency (Konsisten), Context (Masa Lalu), Communication (Komunikatif), Discipline (Teratur), Deliberative (Waspada), Belief (Pramu), dan Responsibility (Tanggung Jawab).

Sedangkan empat bakat Non Dominan yang terdapat pada saya yaitu Restorative (Pemulih), Activate (Penggerak), Self Assurance (Yakin Diri), Competition (Kompetitif).

Dalam urutan bakat ini kita bisa membaca penjelasan dari masing-masing yang berisi penjabaran dari masing-masing bakat, tingkat kekuatan, kekuatan dalam bekerja dengan manajer/organisasi, dan peran yang mungkin sesuai dengan bakat kita.

Sedangkan pada bakat non dominan kita akan mendapatkan penjelasan mengenai bakat masing-masing serta rekomendasi bagaimana menyiasati kelemahan

2. Peta Bakat

Output ini menggambarkan secara visual empat (4) klaster sebaran bakat dominan dan bakat non dominan kita. Empat klaster itu adalah Thinking, Striving, Influencing, dan Relating.

Hasil asesmen menunjukkan sebaran area dominan pada saya ada pada klaster atau kelompok Thinking dan Striving. Di mana saya merupakan orang yang senang berpikir dan senang bekerja.

3. Potensi Kekuatan

Potensi kekuatan merupakan aktivitas yang menjadi kekuatan jika diasah secara optimal yang disarankan berdasarkan pertimbangan bakat dominan (kuat) dan non dominan (lemah).

4. Strength Cluster Map

Tes Talents Mapping
Strength Cluster Map ini memberikan gambaran secara visual 30 tipologi manusia yang terkait dengan kekuatan produktif dan pengakuan minat. Di sini kita bisa mengetahui Personal Strength Potential (berasal dari bakat) dan personal Strength Statement (berasal dari minat/pengakuan).

5. Personal Branding

Personal branding di sini berisi 5 peran yang menjadi kekuatan diri dari 30 Tipologi manusia. Di sini kita mendapatkan informasi 30 typology manusia yang terbagi dalam 8 klaster aktivitas.

Berdasarkan hasil asesmen atau tes talents mapping dari 30 tipologi manusia, terpilih 5 peran yang kemudian menjadi personal branding kita. Lima peran atau personal branding saya berdasar hasil asesmen yaitu Quality controller dengan skor 96, Server skornya 85, Treasure (84), Safekeeper (77), dan Seller (73).

Hasil di atas bisa kita baca penjelasannya pada dokumen hasil asesmen Talents Mapping yang dikirimkan kepada kita. Namun, jika memiliki keterbatasan atau kesulitan dalam menginterpretasikan hasilnya, kita bisa mengambil Layanan Asesmen dan Konsultasi yang seperti yang saya ambil.

Dalam sesi konsultasi selama satu jam, saya didampingi langsung oleh Ninin Kholidah yang merupakan Praktisi Talents mapping semarang. Beliau sosok praktisi TM yang humble, sangat nyaman saat interaksi dalam proses konsultasi.

Satu jam terasa begitu sebentar untuk mendiskusikan hasil asesmen Talents Mapping. Membahas satu persatu dari setiap output yang ada. Suasana yang begitu hidup, menyenangkan menjadikan sesi konsultasi terasa singkat.

Hasil konsultasi dengan sosok yang aktif dari OASE Indonesia ini memberikan saran atau rekomendasi di antaranya:
  • Saya harus memiliki regulasi yang baik dalam aktivitas keseharian karena lebih banyak berada di area individu.
  • Semakin mengerucutkan Tujuan hidup dan minat saya.
  • Fokus agar lebih berdampak dengan terus berlatih menjadi ahli pada satu bidang, memperdalam ilmunya, dan menambah jam terbang sehingga menjadi ahli dibidangnya.
  • Termasuk juga insight untuk bisa membukukan pengalaman yang saya miliki sehingga menjadi lebih impactful. Bisa dirasakan oleh semua orang.
Bagaimana hasil dari asesmen Talents Mapping ini? Apa yang saya dapatkan dari hasil asesmen benar-benar menunjukkan saya pribadi yang seperti apa. Hasil asesmen sangat cocok dan akurat dengan kehidupan yang saya jalani khususnya dalam organisasi atau dunia kerja. Termasuk peran-peran yang ada pada masing-masing bakat dominan yang ada dalam diri saya.

Bagaimana? Kalian berminat untuk melakukan asesmen minat bakat untuk memastikan apa sebenarnya bakat yang dominan (kuat) dan non dominan (lemah), dan apa personal branding kalian? Kalian bisa mengambil asesmen melalui Oase Indonesia.

Konseling Setelah Assessmen Talents Mapping Pentingkah?

Setelah mengikuti Asesmen Talents Mapping,setiap test taker akan mendapatkan hasil assesmennya dalam bentuk dokumen berekstensi Pdf. Dalam dokumen hasil asesmen Talents Mapping terdapat 5 output yaitu urutan bakat, peta bakat, potensi kekuatan, Strength Cluster Map, dan Personal branding.

Meskipun di dalamnya sudah terdapat penjelasan yang bisa dibaca, kita tetap membutuhkan Konseling dari para praktisi Talents Mapping sehingga hasil asesmen lebih berdampak.

Beberapa dasar kenapa perlu konseling setelah mengikuti Asesmen Talents Mapping yaitu:
  • Agar klien mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dari hasil asesmen.
  • Agar klien dapat melihat potensi mereka dalam konteks yang lebih luas dan tepat dengan adanya konseling. \
  • Dapat membantu menyusun pengembangan rencana aksi yang tepat ke depan.
  • Klien bisa mendapatkan dukungan emosional: sehingga memiliki keyakinan, tidak lagi ragu, takur salah untuk meraih yang diharapkan.
  • Membantu Klien mengambil keputusan yang tepat baik untuk studi lanjut, pilihan melamar pekerjaan, resign, dll.
  • Tercapainya fleksibilitas. Di mana klien bisa tetap fleksibel dan terbuka terhadap perubahan mengingat minat dapat berubah seiring waktu.
  • Terjalin komunikasi membangun, di mana dengan mengikuti konseling pasca asesmen akan semakin memperjelas berbagai konsep klien, argumen, pilihan alternatif dan solusi atas dirinya sendiri.
Itulah alasan mengapa setelah mendapatkan hasil asesmen Talents Mapping kita sebaiknya mengambil sesi Konseling bersama Praktisi Talents Mapping yang sudah berpengalaman.

Temukan Minat dan Bakatmu bersama Oase Indonesia

LPPT OASE A Plus

Mau menggali potensi diri mengetahui minat bakat hingga memahami personal branding? Kalian bisa dengan mudah melakukan asesmen minat bakat melalui Oase Indonesia.

Oase Indonesia merupakan sebuah Lembaga Pelatihan dan Psikologi Terapan yang lebih dikenal dengan sebutan LPPT Oase Plus. CV OASE Indonesia sendiri sudah berdiri sejak 2010. Lembaga Pelatihan dan Psikologi Terapan atau LPPT ini memiliki fokus program berkonsentrasi pada upaya peningkatan sumber daya manusia dalam organisasi.

Jasa Layanan LPPT OASE A Plus sendiri begitu banyak dan beragam, seperti Assessment and Counseling, Pelatihan, Experiential Learning, Educational Consultant, Event Organizer MICE, dan Publishing.

Bagi kalian yang ingin melakukan asesmen Talents Mapping maka bisa memilih layanan Assessment and Counseling. Ada beberapa pilihan layanan asesmen minat bakat yang bisa dipilih sesuai dengan diri kita yaitu

Talents Mapping Semarang

1. Layanan Asesmen Minat Bakat untuk Pelajar

Merupakan layanan yang dapat dipilih oleh para pelajar sehingga bisa memilih jurusan yang tepat sesuai dengan bakat kita. Terdapat dua paket dalam yaitu Paket A seharga Rp. 275 ribu dengan fasilitas asesmen minat bakat, dan laporan tertulis berikut kesimpulan dan rekomendasinya. Sedangkan Paket B senilai Rp. 450 ribu dengan fasilitas sama seperti Paket A, namun juga terdapat fasilitas Konseling Karir, Studi lanjut.

2. Layanan Asesmen Minat Bakat untuk Dewasa

Layanan ini terdiri dari dua paket yaitu Paket A senilai Rp. 400.000,- dengan fasilitas asesmen minat bakat, dan laporan tertulis dengan kesimpulan dan rekomendasi custom studi lanjut atau karir. Paket kedua yaitu Paket dengan fasilitas asesmen minat bakat, dan laporan tertulis dengan kesimpulan dan rekomendasi custom studi lanjut atau karir dan konseling karir selama 90 menit. Paket ini bisa dipilih dengan nilai Rp. 650.000,-

Bagi kalian yang ingin melakukan asesmen minat bakat di bulan Oktober, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran khusus dari LPPT OASE A Plus. Kalian bisa mendapatkan PROMO SPESIAL Asesmen Minat Bakat dari Rp. 400.000, - menjadi Rp. 250.000,- untuk Asesmen.

Selain itu, juga terbuka kesempatan bagi kalian para calon praktisi Talents Mapping untuk mengikuti TM Basic Training (TM 101) selama 4 hari bersama Founder Talents Mapping Abah Rama Royani, Trainer Talents Mapping Danny Dandarama, dan Praktisi Talents Mapping Ninin Kholida M dan Diena Syarifa. Kalian juga bisa mendapatkan harga promo spesial dengan harga early bird dan harga khusus bagi kelompok dengan minimal 3 orang.

Jangan lewatkan kesempatan ini, segera hubungi LPPT Oase A Plus yang berkantor di Jalan Timoho Raya No.228, Bulusan, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50277, atau hubungi nomor 081-7954-7711.

Newest Older

Related Posts

Post a Comment