Agar Menjadi Pemimpin yang Efektif, Inilah Keterampilan Strategic Leadership yang Dibutuhkan!

14 comments
Konten [Tampil]
Sebagai seorang pemimpin memang dituntut dengan sebuah tanggung jawab yang besar, ada beban yang harus dipikul di pundak, apalagi dengan membawahi banyak karyawan, karena sukses atau tidaknya sebuah perusahaan juga ikut dipengaruhi oleh sosok pemimpin yang ada di belakangnya. Ada serangkaian kemampuan yang harus dikuasai termasuk diantaranya adalah strategic leadership. Dimana kemampuan yang satu ini bukan bawaan dari lahir, melainkan harus dipelajari serta lewat berbagai pengalaman yang ada.

Strategic Leadership Skill

Apa Itu Kepemimpinan Strategis?

Sebenarnya kepemimpinan strategis ini bukanlah hal yang baru lagi di dalam dunia kerja, seorang pemimpin memang dituntut untuk membekali diri dengan keahlian tersebut. Namun sebenarnya kemampuan seperti apakah itu? Mungkin masih banyak juga diantara Anda yang belum mengetahuinya, yaitu merupakan sebuah kemampuan dimana Anda dituntut untuk dapat berpikir, bertindak sampai dengan menunjukkan pengaruh yang bisa mendorong keunggulan yang kompetitif dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Pentingnya kemampuan ini membuat Anda sosok yang ingin menjadi seorang pemimpin dituntut untuk menguasai keahlian tersebut. Sehingga nantinya akan membantu dalam menjalankan kepemimpinan agar bisa secara lebih efektif. Dibandingkan dengan sosok pimpinan yang tidak memiliki keahlian tersebut.

Keterampilan Yang Harus Dikuasai Dalam Kepemimpinan Strategis

Keterampilan Kepemimpinan Strategis
Setidaknya memang ada beberapa jenis keahlian yang harus dikuasai ketika Anda ingin menjadi strategic leadership, diantaranya adalah:

1. Anticipate

Kemampuan yang pertama adalah untuk mengantisipasi, dimana nantinya mampu untuk mengidentifikasi setiap peluang yang ada serta ancaman yang mungkin akan terjadi dalam menjalankan tindakan tersebut. Itulah mengapa seorang pemimpin memang dituntut untuk memiliki kemampuan dalam antisipasi, sehingga nantinya dapat menangkap adanya sinyal-sinyal jika terjadi sesuatu yang kurang baik. Hal tersebut dilakukan dengan cara mencari atau menggali informasi dengan sebanyak-banyaknya yang akan membantu dalam bisnis Anda tersebut.

2. Challenge

Kemampuan yang selanjutnya adalah suka dengan tantangan, bahkan secara konstan mau untuk menantang dirinya sendiri agar nantinya bisa mencapai target yang lebih dibandingkan dengan sebelumnya. Kemampuan yang satu ini kenyataannya memang tidak dikuasai oleh semua orang, namun Anda dapat memaksimalkannya dengan cara mencoba serta terus mencoba tantangan-tantangan baru, agar nantinya bisa lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Interpret

Yaitu kemampuan dalam menginterpretasi yaitu harus mau menentang asumsi, sehingga harus ditunjang dengan banyak informasi atau data-data yang membantu atau dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi selalu ada pergerakan yang dinamis dari lingkungan, tidak akan stuck atau tetap berada di tempat, melainkan harus mengikuti perkembangan zaman yang ada, sehingga nantinya bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Decide

Seorang pemimpin pastinya juga akan selalu dihadapkan dalam sebuah situasi dimana harus mengambil sebuah keputusan yang akan berdampak pada perusahaan bukan, sehingga salah satu kemampuan dalam strategic leadership yang juga harus dimiliki adalah berhubungan dengan pengambilan keputusan. Bahkan meskipun informasi yang dimiliki tidak lengkap atau kurang, maka tetap diwajibkan untuk bisa mengambil keputusan terbaik.

5. Align

Sebagai seorang pemimpin maka dituntut juga untuk bisa dalam menyamakan sebuah persepsi dari berbagai macam pihak, karena sudah pasti akan ada perbedaan pandangan antara pihak yang satu dengan yang lain, namun harus dapat disamakan sehingga lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan, itulah mengapa harus memiliki keahlian yang satu ini.

6. Learn

Agar perusahaan bisa terus berjalan atau keberlangsungannya terjamin, maka mau tidak mau harus belajar mengikuti perkembangan zaman yang ada. Seorang pemimpin yang strategis harus mau belajar hal-hal baru, sehingga tidak sampai ketinggalan zaman. Tidak hanya itu, karena sebenarnya seorang pemimpin juga harus mendorong anak buah atau bawahannya agar mau terus belajar hal-hal baru, mendorong budaya pembelajaran dalam sebuah organisasi.

Asah Kemampuan Sebagai Pemimpin Yang Strategis Dengan Pelatihan Di Prasmul-ELI

Kepeminpinan Strategis
Kemampuan tersebut bisa terus diasah atau dikembangkan, salah satu caranya adalah dengan mengikuti sebuah program pelatihan. Anda bisa ikut salah satunya, seperti diantaranya adalah yang diadakan oleh Prasmul-ELI. Tentunya tidak asing dengan nama lembaga pelatihan yang satu ini, apalagi Prasmul-ELI juga sudah hadir selama lebih dari 30 tahun, serta sudah banyak yang pernah menggunakan kelas yang ditawarkan, termasuk perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia.

Prasmul-ELI punya salah satu kelas atau program yaitu strategic leadership yang pas untuk membangun kemampuan dalam kepemimpinan yang strategis. Bisa diikuti oleh para pemimpin yang ada dalam perusahaan atau yang telah menduduki jabatan cukup tinggi. Programnya sendiri menarik karena dibimbing secara langsung oleh coach terpercaya serta yang sudah berpengalaman di bidangnya, sehingga tidak perlu khawatir. Selain itu juga ada program pelatihan berbasis online yang dapat diikuti oleh karyawan dalam berbagai pilihan bidang pembelajaran. Informasi lebih lengkap bisa langsung cek melalui website resmi Prasmul-ELI.

Related Posts

14 comments

  1. Wah ini sih nggak ada di dalam diri saya semuanya, wkwkwk 😀😀... Satu lagi sih yang dibutuhkan, yakni decision maker atau pembuat keputusan. Boleh juga tuh sekolah leadership di Prasmul...

    ReplyDelete
  2. Seorang pemimpin harus punya keterampilan seperti yang disebutkan dalam artikel ya. Aku kira lahir begitu saja kalau seorang pemimpin sudah terpancar dalam dirinya. Ternyata tidak ya, perlu dilatih. Bagi yang merasa kekurangan dalam keterampilan tersebut bisa melakukan pelatihan yang diselenggarakan oleh Prasmul-ELI denganbsalah satu programnya strategic leadership.

    ReplyDelete
  3. Saya jadi tercerahkan seputar kepemimpinan strategis ini. Dan memang poin-poin di atas, wajib sekali dimiliki oleh seorang pemimpin, karena nantinya akan ditularkan kepada anak buahnya. Dan biar maksimal, memang perlu ikut pelatihan dari ahlinya.

    ReplyDelete
  4. Ternyata menjadi seorang pemimpin tuh emang harus punya banyak keterampilan ya. Itulah kenapa pemimpin adalah seorang yang istimewa.

    ReplyDelete
  5. Kepemimpinan emg jd salah satu skill yg wajib dimiliki dlm diri seseorang loh. Bahkan ga cuman di kantor, urusan pribadi pun, terutama dlm lingkup keluarga jg butuh kepemimpinan. Ilmu kepemimpinan emg sangat luas dan bs diterapkan bahkan di lingkungan terkecil sekalipun. Waaah harus ikut kelas strategic leadership nih di Prasmul-ELI.

    ReplyDelete
  6. Bagus nih Prasmul-ELI mempunya program pelatihan strategic leadership. Seseorang yang memiliki bakat pemimpin, tak jarang masih membutuhkan ilmu untuk mengasah keahliannya tersebut. Dengan mengikuti pelatihan, ia akan menjadi pemimpin yang mumpuni.

    ReplyDelete
  7. Menurut saya hanya orang terpilih yang memiliki kemampuan seperti tersebydibatas. Kalaupun ada gak memiliki semua. Hehe...
    Tahu sendiri SDM di masyarakat Indonesia bagaimana. Ya bukan mengecilkan hati sih, tapi lihat realita aja. Sekali lagi gak semuanya ya...

    ReplyDelete
  8. Kepemimpinan strategis memang kunci sukses sebuah organisasi. Kemampuan untuk melihat jauh ke depan dan mengambil keputusan yang tepat di tengah ketidakpastian adalah aset berharga bagi setiap pemimpin. Saya sangat terinspirasi untuk terus mengembangkan keterampilan ini.

    ReplyDelete
  9. Leadership itu memang penting diasah melalui program seperti kelasnya Prasmul-ELI agar dapat terus berkembang dan terus menambah pengalaman sehingga pada akhirnya menjadi expert pada bidang kepemimpinan tersebut

    ReplyDelete
  10. Seorang pemimpin memang perlu punya skil yang tepat untuk memimpin. Dengan begitu apa yang dipimpinnya bisa berjalan sebagaimana mestinya dan juga amanah

    ReplyDelete
  11. Sepakat, buat siapapun yang menjadi pemimpin, wajib nih jadi pemimpin yang efektif. Dan untuk menjadi pemimpin yang efektif ini bisa dipelajari tentunya, salah satunya di Prasmul-ELI ini yang Mas Sugi.

    ReplyDelete
  12. waah mantap nihh prasmul-ELI punya kelas strategic leadership...dan kepemimpinan itu memang salah satu skill yang harus diasah karena skill ini bakal dipake dimanapun kita berada, mau di masyarakat apalagi di kantor

    ReplyDelete
  13. Aku pikir "Jiwa Kepemimpinan" ini bakat, tapi melalui Prasmul-ELI, bisa diasah dan makin lama serta makin banyak menemui kasus sesungguhnya, maka jiwa kepemimpinannya pun akan semakin tajam untuk segala situasi.

    ReplyDelete
  14. Ternyata lama juga 30 tahun. Yang ikut rata2 udah punya perusahaan ya. Berapa ya ikut pelatihannya

    ReplyDelete

Post a Comment