Ganjil Genap Jakarta, Apa Saja yang Perlu Kamu Tahu?

16 comments
Konten [Tampil]
Semua orang baik di Jakarta maupun di luar Jakarta tentu sudah tidak asing dengan penerapan ganjil genap Jakarta. Dalam kebijakan ini pemerintah mengeluarkan aturan yang mengatur regulasi penggunaan kendaraan berdasarkan angka ganjil dan genap pada plat nomor kendaraan pribadi.

Jakarta sebagai kota besar tidak hanya memiliki jumlah penduduk yang besar, namun angka kendaraan yang beroperasi juga tinggi. Apalagi pada puncak-puncak jam aktivitas masyarakat seperti berangkat dan pulang kerja. Pada jam-jam tersebut akan terjadi peningkatan kapasitas kendaraan yang akhirnya menyebabkan kemacetan.

Untuk itulah kemudian dikeluarkan Kebijakan Ganjil Genap Jakarta yang diuji cobakan pertama kali pada tahun 2016.
Kebijakan ganjil genap Jakarta
Image by Canva

Kebijakan Ganjil Genap Jakarta

Mungkin kita bertanya-tanya apa sebenarnya kebijakan ganjil genap itu kebijakan apa. Jadi kebijakan ganjil genap ini merupakan pembatasan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda 4 dengan menggunakan sistem ganjil dan genap sesuai plat nomor dan hari.

Ganjil Genap Jakarta merupakan implementasi kebijakan yang bertujuan untuk mengurangi angka kemacetan yang terjadi akibat banyaknya kendaraan yang beroperasi. Selain itu, pemberlakuan ganjil genap di Jakarta juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menangani polusi udara yang cukup buruk.

Kebijakan ganjil genap Jakarta ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 164 Tahun 2016 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Plat Nomor Genap Seperti Apa?

Aturan ganjil genap berlaku bagi kendaraan yang memiliki nomor ganjil dan genap Mobil dengan plat nomor ganjil hanya bisa melintas di beberapa ruas jalan yang sudah ditentukan pada tanggal-tanggal ganjil. Sedangkan pada tanggal-tanggal genap hanya mobil dengan plat nomor genap yang bisa melintas pada ruas jalan yang sudah diatur dalam ketentuan.

Lantas bagaimana dengan kendaraan yang memiliki plat nomor di luar ganjil dan genap? Contohnya plat nomor 0 (nol). Untuk plat nomor 0 (nol) maka masuk ke dalam golongan genap Sehingga mengikuti aturan yang berlaku pada mobil dengan plat nomor genap.
Ganjil genap di Jakarta sampai jam berapa?
Image by Canva

Ganjil genap di Jakarta sampai jam berapa?

Pemberlakukan kebijakan ganjil genap di Jakarta sudah ditetapkan waktu dan harinya. Untuk waktunya sendiri aturan ganjil genap Jakarta berlaku pada pagi dan sore hari.


Secara lebih rinci, peraturan ganjil genap pada pagi hari berlaku mulai pukul 06:00 sampai 10:00 WIB. Sedangkan pada sore hari, berlaku pada pukul 16:00 hingga 21:00 WIB. Untuk hari berlakunya peraturan ini berlaku dari Senin sampai Jumat yang merupakan hari-hari efektif bagi masyarakat dan pekerja.

Ganjil genap Jakarta jalan apa saja?

Bagi kamu warga Jakarta dan sekitarnya, atau sedang berkunjung ke Jakarta dengan mengendarai kendaraan pribadi, harus mengingat betul plat nomor kendaraan yang digunakan apakah ganjil atau genap. Tujuannya agar perjalanan semakin mudah dilakukan.

Selain itu kamu juga harus tahu titik-titk atau ruas jalan mana saja yang masuk dalam pembatasan dalam aturan ganjil genap Jakarta. Bagi kamu yang belum tahu mana saja ruas jalan yang masuk dalam aturan ganjil genap di Jakarta berikut daftarnya:
  1. Jalan Gunung Sahari
  2. Jalan Stasiun Senen
  3. Jalan Kramat Raya
  4. Jalan Salemba Raya sisi timur mulai dari Simpang Jalan Paseban Raya sampai Simpang Jalan Diponegoro
  5. Jalan Salemba Raya sisi barat
  6. Jalan Kyai Caringin
  7. Jalan Balikpapan
  8. Jalan Jenderal Sudirman
  9. Jalan M.H. Thamrin
  10. Jalan Medan Merdeka Barat
  11. Jalan Suryopranoto
  12. Jalan Majapahit
  13. Jalan Hayam Wuruk
  14. Jalan Gajah Mada
  15. Jalan Pintu Besar Selatan
  16. Jalan Jenderal S. Parman
  17. Jalan Tomang Raya
  18. Jalan MT Haryono
  19. Jalan Pramuka
  20. Jalan Jenderal Ahmad Yani
  21. Jalan D.I. Panjaitan
  22. Jalan HR Rasuna Said
  23. Jalan Gatot Subroto
  24. Jalan Fatmawati
  25. Jalan Panglima Polim
  26. Jalan Sisingamangaraja
Itulah daftar ruas jalan yang perlu diketahui oleh semua pengendara saat berada di Jakarta. Semoga daftar ini bisa menjadi tambahan informasi penting yang perlu diketahui sebelum berkendara.
Ganjil Genap Jakarta
Image by Canva

Apakah kendaraan plat merah kena ganjil genap?

Kebijakan ganjil genap Jakarta memang diberlakukan untuk pembatasan penggunaan ruas jalan pada kendaraan roda 4 yang melintas di beberapa ruas yang ditetapkan. Namun demikian, ada beberapa jenis kendaraan yang tetap bisa melintasi ruas jalan yang ditetapkan dengan mudah tanpa mengikuti ganjil genap, yaitu:
  1. Kendaraan dengan plat merah tidak terkena sistem ganjil genap jika kendaraan itu merupakan kendaraan dinas operasional TNI dan Polri.
  2. Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara meliputi Presiden/Wakil Presiden, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat/DPR/DPD, dan Ketua Mahkamah Agung/Mahkamah Konstitusi/Komisi Yudisial/Badan Pemeriksa Keuangan;
  3. Kendaraan pimpinan negara asing, pejabat negara asing, dan lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
  4. Kendaraan yang membawa penumpang disabilitas dan kendaraan itu memiliki tanda khusus agar tidak disalah gunakan.
  5. Armada kesehatan atau ambulans;
  6. Armada atau Kendaraan pemadam kebakaran;
  7. Seluruh angkutan umum yang biasanya dilengkapi atau memiliki plat kuning;
  8. Sepeda motor;
  9. Jenis lain dari kendaraan yang tidak dikenai adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak.
  10. Angkutan BBM dan BBG merupakan salah satu jenis kendaraan yang mendapatkan hak khusus bisa melintasi ruas-ruas yang ditentukan tanpa peduli apakah ganjil atau genap.
  11. Kendaraan yang memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas;
  12. Kendaraan yang merupakan angkutan barang logistik;
  13. Kendaraan untuk kepentingan tertentu, seperti kendaraan pengangkut uang (BI, antarbank, dan pengisian ATM) dengan pengawasan Polri;
  14. Kendaraan petugas kesehatan penanganan Covid-19 dan mobilisasi vaksin Covid-19;
  15. Kendaraan pengangkut tabung oksigen.
Itulah beberapa informasi seputar kebijakan ganjil genap yang perlu kamu ketahui. Silahkan bagikan informasi ini jika menurutmu ini merupakan informasi penting dan bermanfaat bagi orang lain.


Related Posts

16 comments

  1. Kebijakan berkendara soal ganjil genap ini bahkan menjadi ide cerita novel milik Kak Almira Bastari. Yah, seenggaknya, tokohnya disetting kerja dan tinggal di Jakarta di mana harus menaati soal aturan ganjil genap ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup menarik buat dijadikan inspirasi memang. Bagaimana kebidupan di Kota Besar. Di satu sisi harus bekerja setiap waktu butuh cepat, di sisi lain ada pembatasan prnggunaan kendaraan berdasar nkmor kendaraan.

      Delete
  2. Hiks, ga betah deh sepertinya tinggal di Jakarta bisa tua di jalan aku tuh, secara kalau dinas ke Jakarta itu ga bisa banyak tempat sekaligus dan harus diatur banget jadwalnya supaya ga kejebak macet
    Apalagi dengan aturan ganjil genap, naik public transport aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kalau ga biasa jadinyabtersiksa ya. Tapi ganjik genap hanya apgi dan sore, jadi masih aman buat mobilitas di jam-jam antara keduanya

      Delete
  3. Mantap. Terimakasih informasinya. Kita yg tinggal jauh dari ibukota kan jadi tahu nih bagaiysih aturan ganjil genap lalu lintas di Jakarta itu
    Sekarang tidak begitu penasaran lagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul banget, kalau abru pertama kan bingung mana aja kawasannya. Semoga informais ini jadi bekal berkendara dan taat lalu lintas

      Delete
  4. Tadi saya lewat Gatot Subroto naik motor, kang. Nah, ada mobil ganjil pas mau masuk Sudirman langsung ditahan polisi. Karena sekarang tanggal 28.
    Tapi ada juga orang kaya yang mengakali ganjil genap ini dengan punya 2 mobil. Satu plat genap, satu plat ganjil hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kudu teliti dan inget-inget tanggal ya, Mas Bambang. Kayaknya memang kudu punya dua mobil ya buat yang memang dengan mobilitas tinggi

      Delete
  5. Kayaknya nanti di Bali bisa juga diterapkan ganjil genap nih. Denpasar udah sumpek banget sekarang. Dekat rumah aja udah sering macet padahal saya tinggal di luar kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bisa jadi nih, tiap ke Bali suka kena macet terus. Apalagisekitar simpang 5 ya. Lumayan beud

      Delete
  6. Penerapan ganjil-genap Jakarta ini awalnya lumayan bikin bingung yaa..
    Tapi karena sosialisasinya uda lama juga.. sehingga implementasinya uda mulai lebih baik.Hanya perlu mengingat tanggal agar bisa lebih berhati-hati saat melewati beberapa daftar ruas jalan di Jakarta.

    Semoga dengan penerapan yang baik, ada pengaruhnya bagi masyarakat Jekarda untuk mengurai kemacetan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di awla-awal memang berta, tapi kemudian nyaman rasanya. Saya ikut merasakan sendiri berkunjung di masa sebelum dna setelah ada ganjil genap.

      Delete
  7. Saya tim pilih angkutan umum saja lah untuk mengurangi kemacetan Jakarta yang luar biasa. Tapi alasan utama kenapa pakai angkutan umum karena mobil pribadinya belum punya sih.. hehehehe

    ReplyDelete
  8. Kebijakan ganjil genap agar jalanan tidak macet, tapi tetep saja rasanya nggak seimbang sama populasi di Jakarta yang semakin membludak dari tahun ke tahun. Kalau di Jakarta udah paling enak naik transportasi umum aja seperti busway atau KRL.

    ReplyDelete
  9. Dari dulu aku lumayan penasaran dengan aturan ganjil genap di Jakarta. Sering banget dengar di podcast atau Talk show. Ternyata kebijakannya cukup efektif, ya. Apalagi untuk di Jakarta yang memang terkenal macet. Aku harap di kotaku juga berlaku kebijakan ganjil genap.

    ReplyDelete
  10. Padahal peraturan ganjil genap ini salah satu upaya mengurangi kepadatan tapi orang kita tuh selalu saja ada akalnya buat siasati aturan ya 🤣🤣🤣

    ReplyDelete

Post a Comment