Aneka Macam Abon Paling Diminati dan Cocok untuk Keluarga

11 comments
Konten [Tampil]
Dunia kuliner kini semakin berkembang pesat. Aneka olahan semakin memudahkan banyak orang dalam menikmati kuliner dengan mudah dan praktis. Salah satu olahan yang menjadi primadona bagi masyarakat baik tua, muda, bahkan anak-anak adalah abon. Ada banyak jenis abon yang bisa dipilih sesuai selera.

Abon sebagai hasil olahan sudah dikenal banyak orang secara umum. Mereka tidak lagi asing dengan sajian kuliner yang satu ini. Macam-macam abon juga banyak tersedia di pasaran. Ada abon dari bahan sayuran seperti jantung pisang dan abon jamur. Ada juga abon daging, dan abon ikan.
Abon berasal dari olahan apa?
Image designed by Canva

Apa yang dimaksud dengan abon?

Abon adalah olahan tradisional khas Indonesia yang banyak terdapat di Bali dan pulau Jawa. Abon pada mulanya terbuat dari daging sapi atau daging ayam. Namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan bahannya makin beragam, salah satunya adalah abon ikan.

Abon berasal dari olahan apa?

Abon sendiri berasal dari daging yang sudah dipotong kecil dan dibersihkan, kemudian direbus. Setelah daging masak, kemudian disuwir kecil-kecil. Selanjutnya daging dan bumbu digoreng hingga benar-benar matang/ kering namun tidak goson. Selanjutnya adalah mengeringkan abon yang sudah digoreng.

Melihat dari struktur produk abon, macam-macam abon bisa dibedakan menjadi abon dengan tekstur halus dan abon dengan tekstur kasar. Mau memilih yang halus atau kasar semuanya kembali kepada selera dan kebutuhannya.

Macam-macam abon dan kandungan nutrisinya

Membahas tentang macam-macam abon, ada banyak jenis abon di pasaran yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Di antara sekian banyak jenis abon, kali ini akan dibahas jenis abon yang paling diminati yaitu abon sapi, abon ayam, dan abon lele beserta kandungan nutrisinya.

Abon Sapi

abon daging
Image designed by Canva
Jenis abon pertama yang banyak diminati orang adalah abon sapi. Abon ini berbahan dasar daging sapi. Abon sapi banyak dikonsumsi masyarakat sebagai lauk untuk nasi, taburan bubur, isian lemper, dan isian pastel kering. Abon sapi sangat cocok juga dibawa sebagai lauk dalam perjalanan jauh. Selain praktis, abon sapi juga tahan lama.


Abon sapi sendiri juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk dikonsumsi. Kandungan gizi pada 100 gram abon sapi mencakup energi sebesar 212 kalori, protein 14 gram, karbohidrat 60 gram, lemak 17 gram, kalsium 150 miligram, fosfor 209 miligram, dan zat besi 12,4 miligram,

Abon ayam

macam-macam abon
Image designed by Canva
Abon ayam adalah jenis abon yang terbuat dari daging ayam. Bagian daging yang biasa digunakan adalah bagian dada ayam. Pemilihan bagian dada ayam ini karena daging bagian dada ayam lebih berserat dan lebih mudah untuk disuwir saat proses pengolahan. Sehingga menjadikan proses lebih mudah dan lebih cepat kering karena tanpa lemak.

Penggunaan abon ayam dalam keseharian juga tidak jauh berbeda dari abon sapi. Banyak digunakan sebagai lauk untuk dikonsumsi dengan nasi, maupun sebagai topping dan isian kue seperti pastel.

Dalam setiap 100 gram abon ayam terkandung beberapa nutrisi. Di mana nutrisi itu adalah kalori sebanyak 480 kkal, karbohidrat 30 gram, lemak 25 gram, protein 34 gram, kolesterol 0,6 miligram, dan natrium 1.830 miligram.

Bagi yang tidak menyukai abon sapi, maka abon ayam bisa menjadi pilihan. Selain sama lezatnya, abon ayam juga kaya akan kandungan gizi.

Abon Lele

abon ikan
Jenis abon selanjutnya, dari macam-macam abon yang ada di pasaran adalah abon lele. Abon lele merupakan jenis abon ikan yang banyak diminati pembeli. Selain rasa dagingnya yang gurih, teksturnya yang lembut dan kandungan gizi yang terdapat pada daging lele juga menjadi alasan orang memilihnya.

Kandungan gizi yang terdapat dalam abon lele mencakup kalori sebesar 435 kkal, protein 27,20 gram, lemak 20,20 gram, dan karbohidrat 36,10 gram. Selain kandungan nutrisi di atas, dalam abon lele juga terdapat kandungan vitamin B3, B2, dan protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Itulah macam-macam abon yang banyak diminati banyak orang.Kalian lebih suka jenis abon apa? Abon sapi, abon ayam, atau abon lele? Untuk menemukan abon favorit, kalian bisa juga menemukan dengan mudah dengan mengunjungi tokopedia.com.

Beli Abon Berkualitas di Tokopedia Aja

Mencari barang berkualitas, termasuk berbagai jenis abon berkualitas bisa dilakukan dengan mudah melalui Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia dan banyak dipilih orang.

Tokopedia dengan visinya memudahkan semua orang bisa dengan mudah menemukan apapun yang dicari, benar-benar bisa menjadi rekomendasi untuk mendapatkan berbagai jenis produk.

Di antara produk yang bisa didapatkan di Tokopedia yaitu produk elektronik, fashion, dan berbagai kebutuhan rumah tangga, termasuk juga makanan dan minuman.

Bagi kalian yang sedang mencari berbagai jenis abon berkualitas, baik abon sapi, abon ayam, atau abon lele untuk keluarga Tokopedia bisa menjadi pilihan.

Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi yang sedang mencari produk olahan berupa abon.

Referensi:
  • https://www.halodoc.com/artikel/abon-sapi-dan-abon-ayam-lebih-sehat-yang-mana
  • https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/996/nilai-kandungan-gizi-abon-ikan
  • https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/merk-abon-sapi-yang-enak/

Related Posts

11 comments

  1. Seringnya aku makan abon sapi sih Mas, bisa buat isian nasi kepal juga. Abon ikan enak juga ya? Dan sekaligus bergizi tinggi. Beli abon ya di Tokopedia ajaa, dijamin terpercaya.

    ReplyDelete
  2. makanan andalan kalo anakku GTM, abon sapiii matapp

    ReplyDelete
  3. Anak anak sukanya abon ayam
    Kalau aku abon daging
    Tapi kadang anak anak susah bedakan
    Selama itu sudah dimasukkan ke bekal, insya Allah aman meski ayam atau sapi hahaha

    ReplyDelete
  4. Abon sapi sama ayam sih udah sering, nah yang belum pernah nyoba ini aku abon lele hhehee. kapan2 harus nyoba nih kayaknyaaa >.<

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat anak laki di pondok, suka banget minta kiriman abon. Hmmm, malah baru kepikiran kalau beli abon berkualitas bisa dilakukan dengan mudah melalui Tokopedia...

    ReplyDelete
  6. Wah baru tahu ini ada abon lele. Ehm..aku dulu selalu stok abon sapi. Menyiasati kalo lagi males masak dan butuh hal2 yg praktis hehehe.

    ReplyDelete
  7. Eeehh aku belum pernah nyoba makan abon lele. Bagus tuh buat anak-anak kali ya, karena kalau dari produk ikan aku cuma pernah makan abon tuna, cakalang, tongkol. C.o di Tokped deh kalau gitu nyari abon lele biar anak makannya lahap.

    ReplyDelete
  8. Bisa juga ya, beli abon di tokped. Saya belum pernah. Karena setahuku abon yang enak di lidah memang harganya cukup uwooo, jadi kalau tahu abon bis beli di marketplace auto cek-cek dulu. Lama tidak makan abon,hhi

    ReplyDelete
  9. Anakku paling suka abon ayam
    Kalau aku suka abon sapi
    Kalau suami suka semua
    Jadi kalau nyetok kudu berbagai jenis hehehe

    ReplyDelete
  10. Penisirin sama abon lele. Selama ini kalo makan abon kalo ga sapi ya ayam sih yaa wekekeke kalo lele gapernaaah, cobain ah

    ReplyDelete
  11. Saya suka abon. Dan abon salah satu bahan makanan wajib dibawa travelling

    ReplyDelete

Post a Comment